Selasa, 29 November 2011

Konsep 7P dalam Marketing Mix di Perusahaan Jasa


a.     Product (The Services)
Produk apa yang dijual oleh perusahaan, sehingga dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen.

b.    Price
Bagaimana penetapan harga di suatu perusahaan. Perusahaan tentu akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan, karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya

c.     Place
Tempat atau lokasi dimana perusahaan tersebut berdiri juga akan sangat mempengaruhi keuntungan bagi perusahaan. Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen.

d.    Promotion
Bagaimana perusahaan memasarkan produk apa saja yang dijualnya kepada konsumen.
Tujuan kegiatan promosi antara lain :
·         Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
·         Mengkomunikasikan produk baru
·         Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
·         Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
·         Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk
·         Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk.
e.     People
People disini mengarah kepada
bagaimana kinerja karyawan di dalam suatu perusahaan. Apakah karyawan tersebut memiliki performance tinggi atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut loyal atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut mampu melayani konsumen dengan baik atau sebaliknya. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata.
Perusahaan juga bisa memberikan semacam reward bagi karyawan dengan prestasi tertentu.

f.     Process
Process disini adalah mencakup
bagaimana cara perusahaan melayani permintaan tiap konsumennya. Mulai dari konsumen tersebut memesan (order) hingga akhirnya mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Beberapa perusahaan tertentu biasanya memiliki cara yang unik atau khusus dalam melayani konsumennya. Seperti halnya di suatu restoran, ada beberapa restoran yang memberikan fasilitas “open kitchen”, dimana konsumen bisa melihat tiap proses pembuatan makanan yang mereka pesan.

g.    Physical Evidence
Physical Evidence akan menjelaskan
bagaimana penataan building dari suatu perusahaan. Apakah perusahaan menggunakan interior yang unik, lightning system yang menarik, desain ruangan yang menarik perhatian konsumen, dan lain sebagainya. Perusahaan tentu akan menyadari bahwa penataan building di suatu perusahaan tentu akan mempengaruhi mood pengunjung. Desain interior yang terkesan berantakan juga tentu akan membuat konsumen merasa agak sedikit tidak nyaman dengan keadaan di perusahaan tersebut. Bangunan harus dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat memberikan nilai tambah bagi pengunjung.

19 komentar:

  1. thank you sgt membantu!

    BalasHapus
  2. You're welcome :)

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas informasinya. Saya juga post tentang marketing mix di blog saya. Bila berkenan bisa berkunjung ya ke blog saya di pembahasan marketing mix

    BalasHapus
  4. Maksud yg physical evidence itu gimana yaaa?? Masih blm paham kalau untuk jasa.. :(

    BalasHapus
  5. terima kasih banyak semoga bermanfaat bagi kami.

    BalasHapus
  6. Terima kasih utk materinya..bermanfaat banget

    BalasHapus
  7. Terimakasih , materinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. Terima kasih, semoga materi ini berguna dan bermanfaat untuk kami

    BalasHapus
  9. Terima kasih, sanggat membantu

    BalasHapus
  10. terimakasih materinya , sangat menarik

    BalasHapus
  11. terimakasih materinya..

    BalasHapus
  12. Terima kasih materinya sangat baik

    BalasHapus
  13. Cardinal Zulkarnain19 Oktober 2022 pukul 07.20

    Terima kasih, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  14. terimakasih materinya, sangat membantu proses belajar kami

    BalasHapus
  15. Terima kasih, sanggat membantu

    BalasHapus
  16. Di huruf E. People karyawan menerapkan 5 S yaitu Senyum. Salam, Sopan, Sapa, dan Santun.
    Terimaksih

    BalasHapus
  17. mantap. terima kasih

    BalasHapus