a. Product (The Services)
Produk apa yang dijual oleh perusahaan, sehingga dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen.
Produk apa yang dijual oleh perusahaan, sehingga dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen.
b. Price
Bagaimana penetapan harga di suatu perusahaan. Perusahaan tentu akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan, karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya
Bagaimana penetapan harga di suatu perusahaan. Perusahaan tentu akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan, karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya
c. Place
Tempat atau lokasi dimana perusahaan tersebut berdiri juga akan sangat mempengaruhi keuntungan bagi perusahaan. Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen.
Tempat atau lokasi dimana perusahaan tersebut berdiri juga akan sangat mempengaruhi keuntungan bagi perusahaan. Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen.
d. Promotion
Bagaimana perusahaan memasarkan produk apa saja yang dijualnya kepada konsumen.
Bagaimana perusahaan memasarkan produk apa saja yang dijualnya kepada konsumen.
Tujuan
kegiatan promosi antara lain :
·
Mengidentifikasi dan menarik konsumen
baru
·
Mengkomunikasikan produk baru
·
Meningkatkan jumlah konsumen untuk
produk yang telah dikenal secara luas
·
Menginformasikan kepada konsumen tentang
peningkatan kualitas produk
·
Mengajak konsumen untuk mendatangi
tempat penjualan produk
·
Memotivasi konsumen agar memilih atau
membeli suatu produk.
e. People
People disini mengarah kepada bagaimana kinerja karyawan di dalam suatu perusahaan. Apakah karyawan tersebut memiliki performance tinggi atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut loyal atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut mampu melayani konsumen dengan baik atau sebaliknya. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata.
People disini mengarah kepada bagaimana kinerja karyawan di dalam suatu perusahaan. Apakah karyawan tersebut memiliki performance tinggi atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut loyal atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut mampu melayani konsumen dengan baik atau sebaliknya. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata.
Perusahaan
juga bisa memberikan semacam reward bagi karyawan dengan prestasi tertentu.
f. Process
Process disini adalah mencakup bagaimana cara perusahaan melayani permintaan tiap konsumennya. Mulai dari konsumen tersebut memesan (order) hingga akhirnya mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Beberapa perusahaan tertentu biasanya memiliki cara yang unik atau khusus dalam melayani konsumennya. Seperti halnya di suatu restoran, ada beberapa restoran yang memberikan fasilitas “open kitchen”, dimana konsumen bisa melihat tiap proses pembuatan makanan yang mereka pesan.
Process disini adalah mencakup bagaimana cara perusahaan melayani permintaan tiap konsumennya. Mulai dari konsumen tersebut memesan (order) hingga akhirnya mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Beberapa perusahaan tertentu biasanya memiliki cara yang unik atau khusus dalam melayani konsumennya. Seperti halnya di suatu restoran, ada beberapa restoran yang memberikan fasilitas “open kitchen”, dimana konsumen bisa melihat tiap proses pembuatan makanan yang mereka pesan.
g. Physical
Evidence
Physical Evidence akan menjelaskan bagaimana penataan building dari suatu perusahaan. Apakah perusahaan menggunakan interior yang unik, lightning system yang menarik, desain ruangan yang menarik perhatian konsumen, dan lain sebagainya. Perusahaan tentu akan menyadari bahwa penataan building di suatu perusahaan tentu akan mempengaruhi mood pengunjung. Desain interior yang terkesan berantakan juga tentu akan membuat konsumen merasa agak sedikit tidak nyaman dengan keadaan di perusahaan tersebut. Bangunan harus dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat memberikan nilai tambah bagi pengunjung.
Physical Evidence akan menjelaskan bagaimana penataan building dari suatu perusahaan. Apakah perusahaan menggunakan interior yang unik, lightning system yang menarik, desain ruangan yang menarik perhatian konsumen, dan lain sebagainya. Perusahaan tentu akan menyadari bahwa penataan building di suatu perusahaan tentu akan mempengaruhi mood pengunjung. Desain interior yang terkesan berantakan juga tentu akan membuat konsumen merasa agak sedikit tidak nyaman dengan keadaan di perusahaan tersebut. Bangunan harus dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat memberikan nilai tambah bagi pengunjung.
thank you sgt membantu!
BalasHapusSama2 :)
HapusThank you very much ;)
BalasHapusYou're welcome :)
BalasHapusTerima kasih atas informasinya. Saya juga post tentang marketing mix di blog saya. Bila berkenan bisa berkunjung ya ke blog saya di pembahasan marketing mix
BalasHapusMaksud yg physical evidence itu gimana yaaa?? Masih blm paham kalau untuk jasa.. :(
BalasHapusterima kasih banyak semoga bermanfaat bagi kami.
BalasHapusTerima kasih utk materinya..bermanfaat banget
BalasHapusTerimakasih , materinya sangat bermanfaat
BalasHapusTerima kasih, semoga materi ini berguna dan bermanfaat untuk kami
BalasHapusTerima kasih, sanggat membantu
BalasHapusterimakasih materinya , sangat menarik
BalasHapusterimakasih materinya..
BalasHapusTerima kasih materinya sangat baik
BalasHapusTerima kasih, sangat membantu sekali
BalasHapusterimakasih materinya, sangat membantu proses belajar kami
BalasHapusTerima kasih, sanggat membantu
BalasHapusDi huruf E. People karyawan menerapkan 5 S yaitu Senyum. Salam, Sopan, Sapa, dan Santun.
BalasHapusTerimaksih
mantap. terima kasih
BalasHapus